Tidak Perlu Baca Niat Puasa Setiap Hari, Cukup Baca Satu Kali Untuk Sebulan -->

Header Menu

Tidak Perlu Baca Niat Puasa Setiap Hari, Cukup Baca Satu Kali Untuk Sebulan

Memasuki bulan Ramadhan adalah salah satu momen paling spesial dalam setahun, yang disambut dengan suka cita oleh seluruh kaum muslim. Bulan Ramadhan adalah bulan beribadah, ibadah yang pastinya dibuka dengan niat akan berpuasa selama sebulan penuh. Banyak orang yang mungkin memiliki kebiasaan untuk menyebarkan niat puasa yang mereka lakukan setiap hari di media sosial atau di media lainnya.

Namun perlu diingat bahwa niat puasa pada hari-hari pertama Ramadhan cukup untuk mensyaratkan seluruh bulannya. Mengingat puasa dimulai pada waktu terik terik, mungkin cukup lama bagi seseorang untuk merenungkan niyat dari berpuasa. 

Niat puasa tersebut adalah komitmen yang tulus dari seorang muslim untuk berpuasa di bulan Ramadhan, dengan harapan untuk mendapatkan pahala yang besar dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Jadi, setelah melakukannya, maka tidak perlu untuk mengulanginya setiap hari. Niat puasa untuk sebulan penuh yang dibuat pada saat melakukan puasa, sudah mencukupi bagi orang yang bersangkutan.

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda, ”Barangsiapa yang berniat di pagi hari, maka ia bisa mendapatkan pahala” (HR. Muslim). Ini berarti bahwa jika seseorang telah berhasil menyebarkan niatnya dan memiliki perasaan tersebut dari waktu ke waktu, maka ia pun berhak mendapatkan hak pahalanya selama penuh bulan Ramadhan.

Jadi, jika Anda sudah melakukan niat puasa pada saat bulan Ramadhan tiba, Anda tidak perlu khawatir jika niat tersebut tidak diulang tiap hari. Anda sudah dijamin oleh Allah Swt. untuk mendapatkan pahala dari puasa yang Anda lakukan selama bulan Ramadhan. 

Berikut Doanya: